Iklan

Penyebab Suara Abnormal Di Transmisi Nissan Grand Livina I Release Bearing

Penyebab Suara Abnormal Di Transmisi Nissan Grand Livina I Release Bearing


Kendaraan dengan system transmisi manual sering mengalami trouble suara aneh yang terdengar dari transmisi.Engine menyala dengan kendaraan diam maka akan terdegar suara abnormal tersebut.Dimana jika pedal kopling di injak maka suara tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Akan tetapi setelah pedal kopling dilepas maka suara akan muncul kembali.Apabila anda pemilik kendaraan mengalami masalah yang seperti ini yang saya tulis maka kemungkinannya adalah release bearing di transmisi nissan grand livina ini sudah rusak.

Bearing tersebut bunyi karena sudah aus dan kering.Sehingga perlu dilakukan kopling over houle sekalian untuk memeriksa kampas koplingnya.Cara lain jika ingin suara aneh itu tidak muncul yaitu dengan memberikan cairan wd atu oli yang disemprotkan kedalam ruang kopling sambil pedal kopling di injak. berkali-kali.

Jika dengan pemberian pelumasan secara manual dan sederhana ini suara abnormal hilang maka kemungkinanya adalah release bearing dna rumah dudukanya kering dan perlu pelumasan.Dengan adanya oli yang masuk maka pergerakan release bearing pada nissa grand livina akan semakin lancar dan suara aneh akan hilang.

Info teknik Pemilihan yang tepat untuk saringan solar diesel engine

Berbeda jika suara itu masih muncul maka harus turun koplingnya.Release bearing diperiksa apakah memang benar sudah aus dan perlu penggantian.Ganti release bearing dengan yang baru dan kemudian untuk bagian dalam yang berhubungan dengan rumahnya diberikan grease tambahan agarlebih awet.

Pergerakanya nanti semakin lancar dan suara abnormal itu akan hilang.Setelah diganti dan kopling dibersihkan karena masih baik kemudian transmisi dinaikan.Kendaraan distart dan engine menyala.Yang sebelumnya ada suara abnormal saat engine hidup sekarang lebih halus suara dibagian transmisinya.

Baca juga Kerusakan yang sering terjadi pada power steering

Ditest jalan juga tidak ada kendala,sehingga penyebab suara abnormal dan kasar dibagian transmisi adalah dari release bearing yang kering dan sudah aus sehingga perlu penggantian.Jika hanya dilumasi saja maka suara abnormal pada transmisi nissan grand livina akan kembali muncul beberapa bulan kemudian.

Share This :
avatar

Terima kasih infonya. Bagaimana cara menyemprotkan pelumas pada ruang kopling?

Delete June 16, 2020 at 9:41 PM