Iklan

Tips Mengetahui Waktunya Ganti battery Mobil Anda

Tips Mengetahui  Waktunya Ganti battery Mobil Anda

Bagi para pemilik kendaraan yang sudah sangat sibuk akan pekerjaan sehari-hari,mungkin jarang atau bahkan tidak sempat untuk memeriksan kondisi ruang engine.Karena di situ ada sebuah sumber utama untuk engine akan bisa menyala.Yaitu sebuah battery yang untuk pertama kali memutar engine agar engine bisa hidup.

Kapan terakhir kali anda memerika battery entah itu menambah air aki atau membersihkan terminal akinya.Karena jika battery engine tekor maka kendaraan tidak bisa star atau mogok.danharus gani battery baru atau battery lama di charger terlebih dahulu agar kendaraan bisa start.

Bagaimana dapat mengetahui bahwa aki kendaraan ini sudah waktunya harus ganti.Dari artikel ini yang saya tulis akan memberikan tips aki yang sudah tua dan waktunya ganti.Adapun tipsnya sebagai berikut.

1.Cek kondisi air didalam battery,apakah terlihat hitam atau masih jernih.Apabila hitam menandakan bahwa cell aki sudah rusak dan rontok sehingga tercampur dengan air aki dan berubah warna hitam.Jika hitam maka siap-siap battery akan rusak tidak bisa menyimpan tegangan dalam waktu yang lama.

2.Cek kondisi body battery apakah masih berbentuk kotak presisi atau sudah bergelembung.Apabila sudah berubah bentuk menjadi gelembung tidak rata pada bodynya berarti kondisi battery panas saat ada pengisian dari dinamo amper.Tidak kuat panas akhirnya berubah bentuk menjadi gelembung.

Info teknik Pemilihan yang tepat saringan solar untuk mobil diesel

3.Cek usia battery anda,mungkin sudah lupa kapan terakhir ganti battery.Jika sudah ingat terakhir ganti battery 1 tahun yang lalu bahkan sudah lebih maka seharusanya sudah siap-siap untuk mengganti battery mobil anda.

4.Yang terakhir adalah menganalisa dari battery itu sendiri.Dengan kondisi kendaraan diam selama semalam,maka coba start kendaraan saat pagi.Jika starter terasa berat maka battery sudah tidak dapat menyimpan strum.Jadi waktu semalam tegangan battery semakin turun dengan sendirinya.Jika sudah battery tekor maka saat pagi engine tidak bisa di starter sama sekali.

Itulah tips mengetahui battery sudah mau rusak dan waktunya segera untuk diganti.Pilih menunggun sampai benar-benar tidak bisa distarter engine mogok.Atau datang ke bengkel langganan untuk memeriksakan kondisi battery apakah masih bagus atau tidak.

Baca juga Tips menggeser kendaraan matic posisi P saat battery tekor

Share This :