Iklan

Alasan Mengapa Battery Mobil Honda Mobilio Dan Honda Brio Cepat Sekali Tekor ( Rusak )

Alasan Mengapa Battery Mobil Honda Mobilio Dan Honda Brio Cepat Sekali Tekor ( Rusak )

Dalam artikel kali ini saya akan menginfokan tentang aki atau battery standar mobil Honda mobilio dan brio kenapa bisa lebih cepat soak di bandingkan dengan battery standaran mobil yang lain.Padahal dengan merk yang sama untuk battery dari pabrik itu seharusnya lebih awet.

Memang umur aki berapa lama karena aki mobil saya cepat banget soak ya mas, padahal baru sekitar setahunan? pertanyaan itu yang sering sekali saya dapati ketika ada customer datang ke bengkel untuk mengeluhkan tentang keluhan pada mobilnya.Perlu Anda ketahui bahwa umur aki atau battery yang normal sekitar 2 sampai 3 tahunan untuk aki standar dari pabrikan tanpa anda penambahan accecories lainnya.


Memang lebih awet aki bawaan dari pabrik entah itu karena apanya tapi dengan perawatan rutin aki dari pabrik memang lebih awet.Dibandingkan dengan aki setelah pembelian baru hanya bisa bertahan kurang dari 2 tahun.Dengan ciri-ciri fisik berwarna putih hitam dengan tulisan berwarna kuning  menjadi ciri khas battery GS semi maintenance free.

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah jenis battery mobil Anda sendiri, battery mobil ada 3 jenis:

  1. Battery basah
  2. Battery semi maintenance free atau biasa di sebut juga semi MF
  3. Battery maintenance free (MF) atau biasa di sebuat juga aki bebas perawatan

Saya akan jelaskan tentang battery semi MF yaitu battery semi bebas perawatan atau maintenance free ialah jenis battery yang di rancang modern dengan sistem sirkulasi penguapan di dalam battery itu sendiri, tetapi jenis battery yang satu ini masih perlu tambah air accu namun interpalnya lama.

Ini dia penyebab aki mobil Honda Mobilio dan Brio cepat soak, rata-rata pemilik mobil Honda Mobilio dan Brio mengganggap aki mobil mereka jenis maintenance free atau bebas perawatan jadi tidak usah repot-repot lagi tambah air accu.Hal ini lah yang menyebabkan aki mobil Honda Mobilio dan Brio cepat soak.

Karena aki standar pabrikan yang di gunakan merupakan jenis aki semi MF yang masih perlu ditambah air accu meskipun intervalnya lama.Jadi masih perlu ditambah air accu bukan accu zuur.Karena hanyaaccu zur yang digunakan pertama kali untuk isi aki baru,setelah air aki berkurang maka perlu ditambah air aki biasa.Rata-rata para pengguna mobil Honda Mobilio dan Brio tidak memperhatikan hal yang satu ini.Sehingga battery atau aki akan cepat rusak dikarenakan air aki didalam battery kosong yang akhirnya akan merusak cell didalam battery.


Baca juga Pentingnya pemilihan fuel filter original untuk diesel engine common rail systemAdapun cara penambahan air accu semi MF sebagai berikut:
  1. Posisikan mobil Anda pada tempat yang datar
  2. Pastikan mobil dalam keadaan mati
  3. Tunggulah sampai dingin terlebih dahulu
  4. Buka tutup pengisian air battery berada di atas aki dengan uang koin Rp.1000.
  5. Tambahkan air battery dengan air accu
  6. Lihat batas atau level air battery tersebut.
  7. Kalau misalkan level air battery sudah tidak bisa dilihat dari luar karena kotor, Anda juga bisa lihat dari level lidah langsung, yang berada didalam battery.
  8. Tambahkan secukupnya jangan sampai kurang ataupun lebih karena malah akan merusak battery.
  9. Setelah selesai di tambahkan air accu semua, tutup kembali sampai kencang.
Lakukan secara berkala jika perlu setiap satu bulan dua kali.Hanya dengan diperiksa apakah kurang atau tidak.Jika masih dalam kondisi wajr dibiarkan saja dan berbeda jika kondisi air aki yang sudah berkurang maka perlu ditambah air akinya sampai batas lever upper.

Share This :