Iklan

Takaran oli mesin mobil mitsubishi l200

Takaran oli mesin mobil mitsubishi l200

Kendaraan menggunakan sebuah oli mesin untuk melumasi komponen engine yang bergerak.Jika tidak ada oli mesin maka engine akan timbul suara kasar dan tentunya akan merusak semua komponen.Engine ketika hidup berputar sangat kencang sekali sehingga diperlukan pelumasan yang baik.

Pelumas atau oli mesin berbeda jenis dan merk.Untuk kendaraan diesel berbeda dengan kendaraan bensin.Jika mobil anda diesel maka sebaiknya gunakan oli mesin khusus diesel agar pelumasan dapat terjadi dengan baik.

Untuk oli diesel menggunakan kode CF dimana untuk kode tersebut ada klasifikasi API ( Amerika Petroleum Institute ).Kualitas oli mesin akan semkain baik ketika huruf dibelakang C semakin tinggi.Jika huruf dibotol oli mesin diesel anda sudah CH maka itu menandakan oli mesin anda sudah lebih baik tingkatanya dibandingkan dengan oli jenis CF.

Untuk kendaraan mitsubishi L200 strada triton single kabin jika akan ganti oli mesin gunakan oli mesin yang sesuai.Jumlah oli mesin adalah 5 liter tidak termasuk filter olinya.Jika sama filter oli maka menggunakan oli mesin 5.5 liter.Ada tambahan setengah liter oli karena masuk kedalam saringan oli mesin.

Penggantia oli mesin diesel sebaiknya dilakukan setiap 5000 kilometer secara berkala.Karena oli mesin diesel meskipun baru dimasukan ke dalam engine dan engine dinyalakan beberapa menit maka oli akan berubah warna menjadi hitam pekat.

Info service Suara abnormal di transmisi NISSAN GRAND LIVINA,Ini penyebabnya

Karena diesel bahan baakrnya megandung sulfur sehingga oli juga akan bercampur sulfur memuat oli langsung berubah menjadi hitam.Jika tidak dilakukan penggantian secara berkala maka fungsi daya lumasnya akan berkurang.

Jika demikian maka kompone part akan semakin cepat aus dikarenakan komponen yang bergerak dengan cepat dan panas.Oli juga tidak maksimal dalam mendinginkan dan melumasi komponen engine.Karena oli sebagai pelumas selain itu juga untuk mendinginkan engine.

Untuk kendaraan triton double cabin menggunakan oli mesin dengan kapastitas 6 liter saat penggantian.Jika ada penggantian filter oli maka yang dibutuhkan adalah setengah liter oli mesin.Jadi total penggantian oli mesin dan filter adalah 6.5 liter.Periksa stick olinya apakah kurang atau tidak setelah engine dinyalakan dan oli sudah masuk kedalam filter oli.

Baca juga penyebab timing belt pajero sport bisa putus ini salah satunya
Share This :