Iklan

Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Power Steering System Di Mobil

Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Power Steering System Di Mobil


Power steering sekarang ini sudah banyak diaplikasikan dikendaraan.Dari kendaraan yang menggunakan power steering type hidrolik atau power steering electronic.Kalau untuk system electronic memang bebas perawatan sehingga lebih mudah dan hemat.Namun jika rusak maka biaya untuk perbaikan sangat besar.

Kendaraan lama yang menggunakan type hidrolik bisa menjadi suatu masalah,hal ini terjadi karena umur dari seal gearbox yang mengalami perubahan.Dari yang sebelumnya seal lebih rapat untuk menutup celah oli karena pemakaian dan umur seal maka bisa terjadi rembesan.Rembesan ini bisa dilihat dengan cara berkurangnya jumlah minyak power steering di reservoir.

Penggantian seal dilakukan tidak dengan mudah karena jika waktu pemasangan yang tidak sempurna dalam arti miring maka berakibat akan terjadi rembesan lagi.Dan apabila hal ini terjadi saat pelepasan kembali maka akan rusak sehingga harus ganti dengan seal yang baru lagi.Terutama seal yang ada pada bagian dalam jika dilepas akan rusak.

Rembesan ini terjadi karena fungsi seal sudah tidak bisa menutup sempurna karena umur.Untuk itu perbaikan kendaraan untuk penggantian seal dilakuka.Apabila dibiarkan akan menjadi masalah ada steeringnya.Yaitu jumlah oli akan berkurang khususnya oli power steering dan akan berakibat steering menjadi berat.

Karena sekarang sudah banyak bengkel dengan kata specialist,misalkan specialist accu,specialist understeel dan specialits power steering.Masih banyak lagi bengkel yang buka untuk specialist karena memang pekerjaannya berkecimpung tiap hari di specialist tersebut.Jadi lebih paham dan lebih mengerti karena memang kerjaan dia sehari-hari.



Karena memang untuk seal yang dalam untuk melepasnya sulit dan memerlukan cara khusus sehingga apabila seal yang salah pasang jika dilepas kembali maka kemungkinan akan rusak.Untuk itu pemasangan sekali pakai untuk yang belum profesional.Apabila salah pasang maka seal akan rusak dan harus diganti dengan yang baru lagi.




Maka lebih paham dan berpengalaman dibidangnya sehingga ahli tersebut memang ahli dan dipastikan untuk penanganan yang lebih baik.Namun pekerjaan dibengkel umum juga tidak dipungkiri bahwa hasilnya juga bagus tergantung skil dari masing-masing individu.


Apabila terjadi rembesan atau kebocoran yang sudah parah sampai as steer sudah luka maka sebaiknya lakukan penggantian secara assy.Dari pada nanti terjadi rembesan lagi setelah beberapa minggu atau bulan.Maka akan muncul biaya lagi untuk proses perbaikan.Dengan sekali perbaikan biaya cukup besar namun hasilnya maksimal.

Berbeda dengan biaya kecil akan tetapi hampir setiap bulan perawatan secara rutin sehingga nanti biaya totalnya akan lebih besar dari pada yang sekaligus langsung jadi.
Share This :