Iklan

Tips Merawat Dan Membersihkan Busi Mobil Secara Benar

Tips Merawat Dan Membersihkan Busi Mobil Secara Benar

Kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin untuk membuat agar terjadi pembakaran yaitu dengan adanya busi.Dimana busi ini berfungsi untuk memercikan bunga api diruang bakar sesuai dengan urutan pengapian sehingga akan terjadi pembakaran dan usaha untuk mendorong piston agar bisa bergerak.

Untuk beberapa kendaraan setiap silinder menggunakan satu buah busi.Jadi untuk silinder yang jumlahnya empat maka busi juga sesuai dengan jumlah silinder ( piston ).Namun karena sering padatrnya aktifitas sehingga sering lupa untuk merawat kendaraanya dibagian mesin.

Karena fungsi busi sangat penting maka harus dilakukan perawatan secara berkala.Yaitu perawatan pembersihan terhadap kerak karbon yang menempel di ujung electroda busi.Jadi busi ini ketika terjadi pembakaran yang tidak sempurna maka akan mnegakibatkan kerak karbon.

Kerak karbon tersebut akan menempel dan lam-kelamaan akan menumpuk dan membuat system pengapian akan tergangggu.Engine akan mbrebet dan tenaga engine akan hilang.Dengan melepas busi dan membersihkanya secara berkala maka akan membuat engine tetap stabil dan idle normal.Tarikan enteng juga akan berakibat konsumsi bahan bakar yang irit.

Tipsnya ketika membersihkan busi yaitu ada yang menggunakan amplas.Itu bisa saja dengan amplas,yaitu bagian ujung dibersihkan dengan ampas sampai didapatkan ujung electroda yang bersih.Namun jika sering membersihkanya akan berakibat ujung electroda menjadi aus.

Baca juga Cairan ajaib untuk membersihkan kerak didalam mesin I Rontok

Apabila sering dibersihkan maka akan semakin aus dan cepat untuk penggantian businya.Untuk itu bisa dibersihkan menggunakan cairan khusus.Yaitu cairan carburator cleaner dengan cara disemprotkan ke bagian ujung electroda busi.Semprotkan berkali-kali sampai kondisi electroda menjadi bersih bebas dari kerak karbon.

Setelah semuanya bersih dari empat busi tersebut maka sipa untuk dipasang kembali di mobil.lakukan pembersihan busi secara berkala agar busi awet dan tahan lama.Semoga beranfaat tips merawat busi mobil anda dan bisa anda lakukan sendiri dirumah.

Info trouble Masalah yang sering terjadi pada suspensi mobil
Share This :