Iklan

Transmisi Suara Kasar Dan Susah Masuk Gigi Di Mitsubishi Canter I Bearing Rusak

Transmisi Suara Kasar Dan Susah Masuk Gigi Di Mitsubishi Canter I Bearing Rusak

Kendaraan mitsubishi colt diesel canter perlu sekali dilakukan perawatan berkala untuk penggantian olinya.Dari oli mesin,transmisi dan juga oli differentialnya.Dimana oli diganti sesuai dengan buku petunjuk dari dealer untuk masing-masing berbeda jarak tempuh penggantianya.

Oli mesin dilakukan setiap 5000 kilometer agar pelumasan di engine dapat berjalan dengan baik sehingga kendaraan akan awet dan tidak cepat rusak.Untuk oli transmisi dilakukan setiap 30.000 kilometer bersama dengan oli gardannya.

Banyak sekali pemilik atau driver yang oli transmisi dan differentialnya jarang diganti sampai beberapa tahun.Mungkin dari kendaraan baru sampai mencapai ratusan kilometer tidak diganti dan hanya di tambah saja.Hal ini adalah salah karena oli mempunyai daya waktu pelumasan .Jika kualitas oli sudah berubah maka pelumasannya terhadap komponen juga tidak dapat sempurna.Komponen akan cepat aus karena gesekan saat kendaraan berjalan.

Info dan  tips membeli mobil second agar tidak salah pilih

Dari pembahasan ini adalah tentang transmisi canter yang bearingnya mengalami kerusakan.Jadi saat kendaraan berjalan tiba-tiba ada suara abnormal di transmisi.Setelah suara abnormal dan kendaraan langsung mogok tidak bisa jalan.Engine masih bisa dinyalakan akan tetapi suara transmisinya sangat kasar sekali.

Masuk gigi transmisi saja tidak bisa di semua kecepatan sehingga kendaraan ditarik ke bengkel.Oli transmisi di kuras dan ternyata ada serpihan besi yang keluar bersama dengan oli transmisi.Setelah itu langsung dilakukan over houle transmisinya.

Ternyata untuk bearing sudah pada rusak untuk bagian belakang sehingga perlu diganti semua bearingnya.Agar tidak terjadi kerusakan lagi di bearing yang lainnya.Setelah semua diganti dan oli transmisi juga baru maka trouble tersebut sudah hilang.Transmisi kembali normal dan untuk di semua gigi transmisi dapat beroperasi dengan baik.

Baca juga Komponen yang sering terjadi kebocoran air radiator
Share This :