Iklan

Penyebab Engine Mbrebet Saat Akselerasi Pada Mobil Injeksi I Kabel Busi

Penyebab Engine Mbrebet Saat Akselerasi Pada Mobil Injeksi I Kabel Busi

Mobil semuanya hampir memakai system injeksi untuk gasoline engine.Type carburator masih ada namun lama-kelamaan akan hilang dengan sendirinya tergerus zaman.Banyak sekali kendaraan injeksi yang sudah mengalami trouble dikendaraan.

Dari system yang trouble muncul indikator didashborad yaitu berupa check engine.Sehingga diperlukan sebuah scan injeksi untuk mengetahui penyebab check engine itu menyala.Jika tidak muncul indikator check engine menyala namun terjadi trouble dikendaraan maka akan sulit untuk menyelesaikanya.

Namun dalam artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang trouble dikendaraan injeksi.Dimana trouble mbrebet terjadi saat engine di akselerasi.Semua komponen sudah diperiksa dari filter bensin dibersihkan.Busi diganti dengan baru akan tetapi trouble masih terjadi.

Coil juga sudah dipinjamkan mobil yang normal namun trouble masih muncul yaitu engine mbrebet saat akselerasi.Setelah semua diperiksa tinggal kabel busi saja yang akan diperiksa tahananya.Tahanan kabel busi masih dalam keadaan bagus sehingga dipasang kembali.

Saat kendaraan diam dan diakselerasi sambil kita mengamati engine tiba-tiba terdengar suara abnormal di engine.Seperti ada suara percikan api dari system kelistrikan.Kemungkinan adalah adanya pengapian yang bocor entah dari coil atau dari kabel busi.

Ternyata setelah dicek satu persatu untuk kabel busi ada bagian yang retak untuk ujungnya.Sehingga ketika kabel busi ditarik dari rumahnya terlihat percikan bunga api.Hanya pada kabel busi untuk silinder no 1.Sehingga kabel busi yang terlihat sekilas masih bagus namun ada retak sedikit yang samar,kita ganti dengan baru.

Info service Waktu yang tepat untuk ganti busi mobil

Untuk penggantian kabel busi bisa ganti satu set atau beli yang rusak saja.Untuk hemat budget kita ganti satu saja yaitu kabel busi silinder no 1.Akhirnya setelah diganti dengan kabel busi baru trouble itu hilang.Mbrebet pada engine tidak muncul meskipun engine di akselerasi berkali-kali.

Sebenarnya teknisi itu harus jeli dan teliti untuk melihat suatu trouble pada kendaraan.Meskipun terlihat normal akan tetapi sebenarnya ada kerusakan pada kabel busi tersebut.Karena tegangan dari coil sangat besar untuk dialirkan ke busi maka diperlukan penghantar kabel busi itu yang sehat dan tidak terjadi kebocoran listrik.

Listrik yang bocor maka sampai busi tidak bisa memercikan bunga api dengan sempurna yang akhirnya engine akan mbrebet.Semoga bermanfaat artikel yang saya tulis ini tentang trouble yang sudah pernah saya tangani di beberapa mobil injeksi.

Baca juga Penyebab ban depan makan tidak rata pada kendaraan
Share This :